Sering Digunakan? Ini Dia Cara Kerja Google Maps

Siapa tidak mengetahui google maps, fitur google yang satu ini kerap dijadikan petunjuk jalan terutama oleh driver ojek online di Indonesia. Peta google merupakan gps yang dikoneksikan dengan satelit, sehingga kita bisa mencari tahu apakah di satu titik macet atau tidak. Berbagai smartphone seperti android, iphone, dan juga windows phone sudah menggunakan teknologi navigasi online satu ini.

Kita kerap menyebutkan kata gps, namun nampaknya tidak semua orang tahu apa arti dari gps itu sendiri. Jadi, gps merupakan singkatan dari global position system yang artinya bisa membaca di mana posisi Anda dan di mana posisi orang lain. Gps merupakan system navigasi yang berada di bawah naungan Amerika Serikat, lebih tepatnya berada di bawah naungan Angkatan Udara Amerika Serikat.

Di samping gps yang digunakan dalam google maps, berbagai negara lain juga memiliki system navigasinya sendiri. Misalkan saja Rusia memiliki system navigasi glonass, Uni Eropa memiliki Galileo, serta India memiliki system navigasi bernama IRNSS. Indonesia sendiri menggunakan system navigasi yang berada di bawah naungan AS dan memang sudah mengglobal, yakni system navigasi gps itu tadi.

Cara Kerja GPS Pada Maps

Bicara tentang cara kerja google maps, sederhananya ada satelit gps sebanyak 24 unit dengan fungsi memancarkan sinyal ke seluruh penjuru bumi. Sinyal ini yang kemudian ditangkap oleh gps tracker hingga akhirnya bisa terbacalah posisi seseorang dengan seseorang lainnya melalui fitur peta online.

Gps sendiri terbagi ke dalam 3 bagian, di antaranya gps control segment, gps space segment, dan terakhir adalah gps user segment. Untuk gps control segment bisa dibilang merupakan dapur pengoreksi apakah sinyal yang diberikan satelit sudah benar atau belum. Hasil koreksi akan dikirimkan kembali ke satelit dan akhirnya bisa terbaca oleh masing-masing perangkat yang kita gunakan sehari-hari

Kemudian teknologi google maps lainnya dilengkapi dengan gps space segment, di mana penggunaannya untuk masyarakat umum dan untuk kepentingan militer. Untuk kepentingan umum, gelombang bisa menyentuh frekuensi 1575.42 MHz, untuk militer ada di frekuensi 1227.6 MHz.

Fungsi dan Kegunaan GPS

Kita memang sudah merasakan betul seperti apa fungsi dan kegunaan dari google maps, namun ternyata fungsi dan kegunaan itu terbagi ke beberapa bagian. Untuk kepentingan militer, misalnya digunakan sebagai alat untuk melacak keberadaan musuh sekaligus posisi tepat bom akan jatuh.

Di samping itu ada fungsi navigasi yang notabene kerap digunakan untuk para pengendara buta arah. Jenis seperti ini yang fungsinya dirasakan oleh masyarakat umum, terutama oleh driver online dan juga orang yang tidak tahu jalan. Kita juga bisa tahu letak kemacetan dan kepadatan kendaraan dan berapa lama jarak tempuh untuk bisa sampai di satu destinasi.

Terakhir, fungsi dan kegunaan dari google maps yang akan masuk ke dalam pembahasan adalah sebagai alat untuk memprediksikan gempa. Teknologi yang satu ini memang dikhususkan untuk para ahli Geologi dalam memantau pergerakan tanah di suatu tempat, apakah akan terjadi gempa atau tidak.

Itu dia beberapa penjelasan terkait peta online yang kerap kita gunakan, entah untuk petunjuk jalan atau sebagai referensi demi mengetahui letak suatu tempat. Kita kerap menggunakannya dalam kehidupan sehari-hari, namun ternyata di samping sebagai fungsi navigasi, gps juga memiliki peranan lain. Dengan adanya google maps ini, yang pasti menjadi kemudahan tersendiri bagi kita di era modern.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *